Senin, 31 Oktober 2016

Istilah dan definisi lingkungan hidup dan ekologi

Definisi dan istilah lingkungan hidup dan ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organismedengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos("habitat") dan logos ("ilmu"), Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 - 1914).[1] Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
Ekologi juga kadang-kadang dikenal sebagai biologi lingkungan, dan ada sejumlah subdisiplin dalam cabang ilmu-ilmu yang berhubungan dengan topik tertentu yang menarik, seperti hubungan antara manusia dan lingkungan alam.
Ekologi sering tertarik untuk melihat seluruh ekosistem, dan mempelajari semua organisme yang hidup di dalamnya dan mempengaruhi mereka misalnya,peneliti dapat fokus pada populasi tunggal tanaman atau hewan, dan menemukan banyak makanan untuk dipelajari, mulai dari bagaimana populasi yang membentuk lingkungan fisik, bagaimana organisme lain berinteraksi dengannya.
Lingkungan Hidup adalah pengetahuan dasar tentang bagaimana makhluk hidup berfungsi dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dengan lingkungan mereka. Lingkungan hidup merupakan bagian dari kehidupan manusia. Bahkan, manusia menjadi salah satu komponen dari lingkungan hidup itu sendiri.
             Pada tahun 1860, Ernest Haeckel memperkenalkan istilah lingkungan hidup atau ekologi. Istilah ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos danlogos. Oikos berarti rumah, sedangkan logos berarti ilmu. Berawal dari konsep ekologi yang diperkenalkan oleh Ernest Haeckel tersebut mendorong banyak ahli untuk lebih memperdalam konsep tentang lingkungan hidup.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar